Walaupun, Iran terkenal sebagai negara yang sangat anti Israel, namun kaum Yahudi di Iran merasa dapat hidup damai dan terlindungi di Iran, termasuk di era kepemimpinan Mahmoud Ahmadinejad yang sering melontarkan slogan-slogan anti Israel.

Dalam sebuah konferensi pers yang dilaksanakan Senin kemarin (6/7), Mashad, sebuah komunitas Yahudi menyampaikan bahwa kecaman Ahmadinejad terhadap Israel selama ini hanya retorika angin-anginan belaka. “Iran adalah sebuah tempat yang aman untuk bangsa Yahudi melaksanakan ajaran keyakinannya.” demikian pernyataan Mashad yang dilansir oleh Jerusalem Post.

“Ahmadinejad bicara buruk tentang Israel, tapi ia lebih disukai daripada Mousavi.” Ujar Shlomo Zabihi, seorang rabbi Mashad. Zabihi menambahkan bahwa pemerintahan (Iran) sekarang relatif stabil dan cenderung menjaga keamanan bangsa Yahudi.

Mashad merupakan kota terbesar kedua di Iran, dan saat ini mempunyai populasi Yahudi sebesar 2,5 juta, sebuah jumlah komunitas yang sangat besar, terutama dibandingkan dengan negara-negara Arab yang lainnya. Selama revolusi 1979, banyak Yahudi Mashad hengkang ke AS, terutama New York, dimana sekitar 6000 Yahudi Mashad sekarang tinggal di kota itu.

Menurut Bahman Kamali, pendiri Yahudi Mashad, Iran di bawah Ahmadinejad sangat menyenangkan dan aman. “Tak ada masalah.” Ujarnya. Kamali mengatakan bahwa sumpah serapah Ahmadinejad terhadap Israel tidaklah sama sikapnya terhadap diaspora Yahudi selama ini. “Ada perbedaan antara keduanya, karena bangsa Iran menghormati agama-agama yang mempunyai kitab suci; Kristen, Yudaisme. Iran membolehkan kami beribadah di sinagoga dan berdoa di sana tanpa ada masalah sama sekali.”

Kamali tidak pernah berpikir bahwa komunitas Yahudi di Iran akan terpengaruh oleh perkembangan politik saat ini. “Saya tidak khawatir mengenai hal itu.” Ujar Kamali yang berpolitik di belakang kelompoknya. “Kami bangga menjadi bangsa Mashad (Yahudi) Iran, dan kami akan menjaga hal itu.”

About admin

orang biasa berusaha jd tetap biasa..ketenangan jiwa akan selalu ada asal selalu bersyukur.

One response »

  1. ROBBY mengatakan:

    INI YANG PATUT DI CONTOH DI INDONESIA KEBERAGAMAN TETAP DAMAI TIDAK SALING MENGHUJAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s