Inget belajar Tasrifan yang
dimulai dari kata Fa’ala – yaf’ulu –
fa’lan – wamaf’aalan – fahuwa
faa’ilun – wadzaaka maf’uulun –
uf’ul – laa taf’ul dan seterusnya
sampe 2 semester ntuh pelajaran ‘wajib’ gak hafal-hafal
dan gak bisa-bisa. Alhamdulillaah
sampe nulis ini pun tetep aja
masih gk bisa.. dasar dodol duren.. (biar dodol tetep aje duda keren) hahahahaha… Asal kata dari Madzhab adalah
dzahaba yang artinya pergi;
tempat pergi. Kalo di tasrif
kurang lebih begini: dzahaba –
yadzhabu – dzihaaban – wa
madzhaaban dan seterusnya.. Maaf aje kalo salah, maklum
cuman ngaji kuping.. hehehehe..
Mungkin begitulah pengertian
Madzhab ditinjau dari segi
bahasa. Nah.. kalo dilirik dari segi
istilah, Madzhab berarti sebuah metode yang dapat
dipertanggungjawabkan secara
ilmiah mengenai ‘gaya pandang’
atau pengambilan kesimpuilan
hukum (Fiqh) dari Kitab Suci Al-
Qur’an dan Sunnah Rosululloh. Yang dikenal oleh kebanyakan
orang tentang madzhab adalah
Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali.
Ke-empat Imam besar inilah yang
kemudian dijadikan madzhab oleh
sebagian besar ummat Islam dunia dengan sebutan Al-
Hanafiyyah, Al-Malikiyyah, As-
Syafi’iyyah dan Al-Hanabilah. Semakin banyak orang pintar,
maka semakin banyak pula
pemahaman yang berkembang
dan pemikiran yang beranak
pinak. Tidak sedikit diantara
orang-orang pintar dalam arti yang sesungguhnya, mengartikan
madzhab sebagai sumber
perpecahan. Sampai-sampai
banyak pengajian-pengajian,
konsorsium, kajian ilmiah dan
forum-forum menggalakkan gerakan ANTI MADZHAB atau
sekedar menjauhkan diri dari
ber-madzhab. Weleh..weleh.. kok
sampe segitunya ya?? Tapi ya
biarin aje, sah-sah saja pendapat
& pemikiran mereka. Emang gue pikirin!!!..hehehehe… Yang justru
jadi pikiran adalah
menyelamatkan generasi muda
sekarang agar tidak terjebak
dalam pengertian madzhab yang
absurd.. Itu menurut gue.. hehehehe… Madzhab, sejatinya adalah
representasi keragaman cara
melakukan Istimbath atau
menyimpulkan maksud ayat-ayat
Al-Qur’an dan ucapan serta
perbuatan Rosululloh Saw yang kita kenal dengan As-Sunnah.
Sedangkan jika ada diantara
sahabat & saudara kita
mengatakan bahwa madzhab
adalah simbol perpecahan di
tengah-tengah Islam, bisa jadi sahabat & saudara kita itu lagi
mabok kecubung..hehehehe.. Lantas apa artinya jika ada
teman, sahabat dan saudara-
saudara kita mengatakan bahwa
dia tidak bermadzhab?? Dia
hanya mengamalkan cara ibadah
langsung dari Al-Qur’an dan Al- Hadist saja tanpa mengikuti
Istimbath imam-imam madzhab??
Salahkah teman, sahabat atau
saudara-saudara kita???
Jawabnya; salah menurut kita
yang bermadzhab dan benar menurut mereka yang tidak mau
bermadzhab. Adil kan??
hehehehe… Contoh yang paling sederhana
mungkin begini; jika saya (Aji)
mengaku tidak bermadzhab
(tidak mengikuti tata cara
ibadah madzhab manapun) itu
artinya, saya sedang berusaha melakukan Istimbath terhadap
Al-Qur’an dan As-Sunnah dan
dengan begitu saya akan
mengikuti madzhab yang saya
buat sendiri. Bisa jadi suatu saat
ada madzhab Al-Ajiiyyah..hehehe.. Nah.. Kalau ‘ulama sekaliber Imam
Ghozali saja yang ke-‘alimannya
sudah tidak diragukan lagi, masih
bermadzhab As-Syafi’iyyah,
kenapa kita yang baru belajar
Islam kemaren sore, dan baru hafal 1 s/d 2 ayat ditambah lagi
tidak diberi keistimewaan seperti
beliau tidak mau
bermasdzhab??? Apa
kealimannya sudah melebihi Imam
Ghozali?? Apa keistimewaannya sudah melebihi Imam Nawawi??
atau malah kita merasa lebih
hebat dari waliyulloh??
Astaghfirulloohal’adziim… Betapa
sombongnya diri kita yang tidak
mau bermadzhab…. Maka dari itu, jangan takut
bermadzhab. Karena ibadah yang
kita lakukan sejak kita belajar
ibadah, sejatinya kita sudah
bermadzhab. Bisa jadi sampai
saat inipun kita masih bermadzhab. Jadi kenapa kita
malu mengakui madzhab yang
kita anut?? Itu bukan bid’ah..
juga buka syirik. Hanya yang
berfikir kerdil saja yang
mengatakan bermadzhab itu bid’ah dholalah dan syirik besar. Walloohu’alam bisshowab.

About admin

orang biasa berusaha jd tetap biasa..ketenangan jiwa akan selalu ada asal selalu bersyukur.

One response »

  1. elang jawa mengatakan:

    seneng nih baca tlsan2 panjenengan..mantapz..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s